Papua di Klaim Mempunyai Potensi Sumber Daya Air Yang Besar

0
19

LokasiBerita, Jakarta – Papua di klaim saat ini mempunyai potensi Sumber Daya Air (SDA) yang sangat besar mencapai 3,9 triliun m3/tahun dengan potensi pembangkit listrik tenaga air sebesar 75.000 Mega Watt (MW) yang kini belum di manfaatkan secara Optimal.

Papua memiliki potensi air paling besar dari seluruh wilayah Indonesia karena curah hujan yang cukup tinggi, Tapi Pengelolannya arus di tangani dengan tepat.

“Melihat kondisi jumlah penduduk yang saat ini masih tergolong sedikit, Kami prioritaskan pengelolaan SDA di Papua untuk melanjutkan pembangunan jaringan Irigasi Kecil dengan mendukung pertanian. Kedepannya seiring pertumbuhan penduduk yang akan di tingkatkan pembangunan infrastruktur SDA yang berskala besar.” Ujar Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam sebuah keterangan yang tertulis ,Jakarta, Minggu (10/9).

Basuki mengatakan, bahwa sektor pangan, air dan energi akan menjadi panglima pembanguanan nasional kedepan, sekaligus ujung tombak persaingan antar negara.

Terkait pengelolaan SDA, Basuki mengatakan saat ini rancangan undang-undang SDA baru saja masuk ke dalam Prolegnas DPR RI dan di harapkan dapat dituntaskan dalam waktu 4 bulan ke depan.

Menurutnya, UU SDA bukan milik golongan tertentu, Namun merupakan milik seluruh rakyat indonesia. “Saya sangat berharap Himpunan Ahli Tekni Hidraulik (HATHI) dapat mengawal dan memberikan masukan sehingga nilai pancasila menjadi roh dalam UU SDA untuk menciptakan keadilan bagi rakyat indonesia. Sehingga tidak ada lagi dispute dalam peraturan tersebut.,” Tutup Basuki.