Khusus Rote Operasian Tol Laut, Harga Barang di Daerah Turun 20%

0
9

LokasiBerita, Jakarta – Sejak operasian tol laut yang bertujuan untuk menjangkau dan mendistribusikan logistik ke daerah terpencil dan terluar. Khususnya di Rote yang di mana sudah mulai pengoperasian tol laut , harga barang di daerah turun hingga 20%.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi usai melakukan kunjungan kerja ke pelabuhan Ba’a Kabupaten Rote Ndao. Guna menunjang pengoperasian tol laut untuk meningkatan ekonomi di Rote, Menhub mengatakan Perlu di lakukan perpanjangan dermaga di pelabuhan Ba’a.

“Pelabuhan ini ada yang perlu di improve kembali yakni kurang panjang. saat ini panjang nya 80 meter dan akan di tambah lagi 50meter, sehingga dua atau tiga kapal bisa bersandar lagi ” Ujar Budi Melalui keterangan di Jakarta, Minggu (10/9).

Menhub Budi menambahkan akan menginvestasikan crane di pelabuhan Ba’a agar guna meningkatakan kinerja bongkar muat barang. “iya nantinya kita akan investasikan ¬†Crane di sini, Crane ini kita gunakan agar bisa cepat melakukan pembongkaran barang. ” Katanya.

Di pelabuhan Ba’am sekarang ini ada 10 Container yang masuk dalam sebulan. Untuk itu Menurut Budi harus di kumpulkan barang-barang dari Rote agar bisa dibawa sebagai muatan balik ke Surabaya ataupun Jakarta.

“Nanti barang itu akan kita kumpulkan di Rumah kita yang di kelola Pelindo III. Dengan di kumpulkan maka muatan angkutan balik ke Jakarta ataupun Surabaya dapat meningkat. Muatan balik Rote-Surabaya ini berkisar 15% – 20%. Kita ingin barang yang datang dan pergi muatannya yang sama.” Ujar Budi.

Tol laut ini di nilai memiliki potensi membawa barang dan meningkatkan ekonomi. Jadi trade follow the ship. Jadi kapal datang dulu kita minta pemda mengumpulkan barang-barang dagangan dan barangnya di bawa ke luar.

“Untuk itu saya tugaskan Pelindo III bersama masyarakat untuk mengumpulkan barang agar dapat dibawa keluar.”