LokasiBerita, Tokyo – Jepang memindahkan sistem pertahanan rudal mobile-nya di Pulau Hokkaido ke sebuah basis di dekat jalur rudal Korea Utara (Korut) baru-baru ini. Korut pada Jumat lalu kembali menembakkan rudal di atas wilayah Jepang yang jatuh di perairan Pasifik.

Menteri Pertahanan Itsunori Onodera mengatakan bahwa unit pencegat Patriot Advanced Capability (PAC)-3 sedang ditempatkan di pangkalan Hakodate di Hokkaido selatan seperti yang dikutip dari ABC News.go.com, Selasa (19/9).

Relokasi tersebut dilakukan beberapa hari setelah sebuah rudal Korut diuji coba pekan lalu yang melayang di selatan Hokkaido dan mendarat di Pasifik di lepas pantai timur pulau itu. Jalur tembakkan rudal Korut itu adalah yang kedua dalam waktu kurang dari sebulan. PAC-3 tersebut dibawa dari pangkalan lain di Hokkaido.

Empat dari 34 unit PAC-3 di Jepang, yang sebagian besar digunakan untuk mempertahankan wilayah ibukota, telah dipindahkan ke barat daya Jepang baru-baru ini. Itu dilakukan setelah Pyongyang memperingatkan untuk mengirim rudal ke wilayah Guam di AS.

Pyongyang melakukan peluncuran rudal terbaru dengan meluncurkan rudal balistik jarak menengah atas Jepang pada hari Jumat, segera setelah uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada 3 September lalu. Peluncuran ini bertentangan dengan sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan tekanan internasional lainnya.