LokasiBerita, Tel Aviv – Pasukan Pertahan Israel atau IDF menyatakan, mereka telah melepaskan tembakan peringatan ke arah basis pasukan pemerintah Suriah yang berlokasi di Dataran Tinggi Golan. Dataran Tinggi Golan adalah wilayah perbatasan Israel dan Suriah.

IDF mengatakan, mereka menembaki pasukan Suriah di sisi utara Golan dengan tank dalam sebuah “peringatan” ke Suriah. IDF menuduh Damaskus melanggar sebuah kesepakatan gencatan senjata 1974 dengan melakukan pekerjaan konstruksi di daerah tersebut.

“Sebagai tanggapan, IDF mengadu kepada pasukan pengawas PBB dan melepaskan tembakan peringatan ke area tersebut menggunakan sebuah tank,” kata juru bicara IDF, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (19/11).

Penembakan tersebut dilaporkan terjadi di dekat desa Druze, Hader. Awal bulan ini, Israel berjanji untuk memberikan bantuan ke desa tersebut setelah mengalami kebakaran, yang dilaporkan menyebabkan korban tewas.

Langkah Israel ini sendiri sejatinya tidak mengejutkan. Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman beberapa waktu menegaskan, pihaknya bebas untuk bertindak di Suriah, dengan alasan mempertahankan keamanan Israel. 

Lieberman juga menuturkan, Israel siap untuk bertindak sendiri jika memang diperlukan untuk mencegah Iran mengubah Suriah menjadi basis militernya.

“Kami mempertahankan kebebasan bertindak mutlak dan satu-satunya pertimbangan yang membimbing kita adalah pertimbangan keamanan Israel,” kata Lieberman.