LokasiBerita, Warsawa – Wakil Ketua DPR Fadli Zon didampingi Dubes RI untuk Republik Polandia, Peter F Gontha, bertemu Kepala Kabinet Pemerintah Polandia, Krysztof Szczerski di Istana Presiden Polandia, Kamis, waktu setempat (23/11/2017). Pertemuan ini merupakan agenda terkahir dari rangkaian kunjungan kerja selama empat hari di Polandia.

Dari sejumlah isu yang dibicarakan, seperti kerjasama bilateral di bidang pertanian, pendidikan, perdagangan dan pariwisata, yang menjadi fokus utama dalam rapat bersama Kepala Kabinet Pemerintah Polandia adalah meminta dukungan Pemerintah Polandia untuk integritas wilayah Indonesia, khususnya terkait isu Papua yang belakangan sedang ramai dengan gerakan separatisme Papua.

“Salah satu yang kami bicarakan pada kunjungan kerja ke Polandia kemarin, adalah meminta dukungan Polandia terhadap integritas wilayah Indonesia. Polandia sebagai negara yang aktif dalam forum-forum internasional di kawasan Uni-Eropa, mereka harus mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar tentang Papua” jelas Fadli Zon.

“Karena perlu disadari gerakan pro-kemerdekaan Papua saat ini sebenarnya lebih banyak menggunakan jalur diplomasi, media sosial, propaganda media, serta memanfaatkan jaringan organisasi-organisasi internasional. Melihat kasus Papua tersebut, saya kira seharusnya mempengaruhi pola pendekatan pemerintah dalam menangani Papua. Karenanya, dalam pendekatannya pun harus menggunakan jalur diplomasi,” terangnya.

Misalnya, salah satu upaya diplomasi terkait isu Papua, DPR saat ini sedang merancang sebuah forum regional yang akan mengundang dan mengumpulkan parlemen negara-negara Kepulauan Pasifik. Kita harus merangkul tetangga-tetangga kita, terutama dalam hal ini adalah negara-negara Pasifik, terkait isu Papua ini.

“Saya mengapresiasi sikap Polandia yang mendukung penuh Integritas Wilayah Indonesia dan akan turut aktif melakukan kampanye dan memberikan informasi yang benar tentang Papua” jelas Fadli Zon.