LokasiBerita, Jakarta – Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dinilai menteri atau pejabat setingkat menteri yang mempunyai kinerja paling baik. Hasil survei Poltracking Indonesia, Susi memperoleh 26,8% di antara pejabat menteri kabinet kerja pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Penilaian kinerja menteri, Menteri Susi Pudjiastuti 26,8% yang paling baik. Selanjutnya diikuti Khofifah Indar Parawansa 6,8%, Gatot Nurmantyo 5,0%, Sri Mulyani 4,8%, dan Wiranto 2,1%,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam pemaparan survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Hanta mengatakan menteri kabinet kerja lain memperoleh angka 0,1 %. Sedangkan yang tidak jawab atau tidak tahu mencapai 46,7%.

Selain itu, Hanta mengatakan Susi juga jadi menteri yang paling disukai di kabinet kerja dengan memperoleh 26,1%. Posisi selanjutnya diikuti oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa 6,2%, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo 6,1%, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 4,6%.

“Publik menilai Susi Pudjiastuti adalah menteri paling disukai atau favorit,” kata Hanta.

Sedangkan saat publik diberikan pertanyaan setuju atau tidak setuju perombakan menteri kabinet kerja. Hanta mengatakan publik yang sangat setuju 6,2% dan cukup setuju 26,7%. 

“Gabungan antara setuju dan cukup setuju pergantian menteri atau reshuffle 32,9% dan gabungan kurang setuju dan sangat tidak setuju 17,7% serta tidak jawab atau tidak tahu 49,4%,” ucap Hanta.

Poltracking Indonesia melakukan survei ini mulai 8-15 November 2017. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random dengan 2400 responden minimal usia 17 tahun atau sudah menikah dengan margin eror +/- 2% pada tingkat kepercayaan 95%.

Respoden diwawancara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewancara yang telah dilatih. Setiap pewancara bertugas mewawancarai 10 responden untuk setiap desa/kelurahan.