Lokasiberita.com, Jakarta – Partai Golkar mengadakan orientasi fungsionaris tingkat pusat di Hotel Redtop and Convention Center, Jakarta Pusat. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Targetnya ini adalah untuk calon legislatif 2019, jadi semuanya yang akan mencalonkan diminta ikut orientasi,” kata Airlangga di Lokasi, Sabtu (24/3/2019).

Selain orientasi, para caleg juga diminta tes urine. Tes ini, kata Airlangga, untuk membuktikan Golkar tidak hanya bersih dari korupsi tetapi juga bersih dari narkotika.

“Tes urine ini untuk menujukkan pada publik bahwa satu hal yang kita perangi adalah narkoba. Dan untuk memerangi narkoba ini bagian dari pakta integritas. Jadi pakta integritas selain korupsi juga dari narkoba. Jadi dua-duanya kita jaga. Dan juga Partai Golkar sudah membentuk majelis etik, dengan demikian kita akan jaga,” ucap Airlangga.

Menurut Airlangga keberadaan anggota legislatif itu penting untuk memberikan contoh dan teladan yang baik agar bebas dari pengaruh obat terlarang atau Narkoba, terutama generasi muda.

“Anggota legislatif di DPR dan DPRD itu penting dan satu hal yang perlu diketahui publik bahwa partai Golkar serius memerangi narkoba. Dan menghindari narkoba ini salah satu fakta integritas selain daripada korupsi. Dua-duanya kita jaga dan partai Golkar sudah membentuk majelis etik,” katanya.

Airlangga mengatakan langkah tes urine ini akan diteruskan kepada kader- kader partai Golkar yang ada di daerah-daerah, agar terhindar dari pengaruh obat terlarang.

“Tes urine ini akan dilaksanakan ke daerah-daerah pada pengurus kader Golkar di daerah,” katanya.

Kegiatan tes urine ini tidak hanya dilakukan pada tingkat pusat tetapi pada tingkat satu dan dua.

Ketua Koordinator Bidang Kepartaian Partai Golkar, Ibnu Munzir, berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi pemimpin wilayah.

“Diharap nantinya akan menjadi panutan pemimpin di wilayah, memberi teladan baik bagi masyarakat,” kata Ibnu.