Lokasiberita.com  Jakarta – Tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan. Pisang juga bisa diracik jadi masker untuk membantu meremajakan kulit dan atasi kulit kering hingga kusam.

Pisang mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Serta membantu mempertahankan elastisitas kulit dengan meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan daya tahan kulit terhadap sinar UV, mencegah dan mengurangi munculnya kerutan. Pisang juga mengandung zat-zat penghidrasi yang membantu menjaga kulit kepala tetap lembap dan memberikan kelembutan yang lembut dan sehat.

Pisang sangat baik dikonsumsi langsung. Namun, bisa juga dibuat sebagai racikan masker untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jika dipakai rutin, masker ini bisa memerangi keriput, menghilangkan jerawat hingga cegah rambut bercabang.

1. Mencerahkan kulit

Masker wajah yang terbuat dari 1 sdt madu dan pisang ini bisa membantu memudarkan noda-noda gelap dan mencerahkan kulit yang kusam. Masker ini bisa digunakan sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Caranya adalah dengan menghaluskan pisang dan campur dengan madu. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Atasi jerawat

Jika tujuannya untuk menghilangkan jerawat dan hilangkan noda bekas jerawat dan bintik hitam. Masker ini bisa digunakan dua kali seminggu. Bahan yang Anda butuhkan adalah 1 buah pisang, 1 sdt madu dan ditambah dengan 1 sdt jus lemon. Haluskan pisang, tambahkan dengan madu dan jus lemon.

Oleskan campuran ini ke seluruh area wajah. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.

3. Atasi kulit kering

Mengatasi kulit kering, pisang bisa membantu menjaga kulit terhidrasi. Jika digunakan secara teratur, ini akan membuat kulit lebih lembut, lembab dan tampak sehat. Anda dapat membuat racikan masker dari 1/2 pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan 1 sdm oatmeal, 1 sdm madu dan 1 sdm kuning telur. Oleskan racikan ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin. Ulangi dia kali seminggu untuk dapatkan hasil yang optimal.

4. Hindari rambut bercabang

Selain bisa dijadikan sebagai masker wajah. Pisang juga bisa jadi masker rambut karena mengandung vitamin A,C dan E serta mineral. Ini membantu dalam melembabkan dan memperkuat rambut Anda yang membantu dalam mengurangi rambut bercabang di rambut.

Siapkan 1 pisang matang dan haluskan dengan blender, campur 2 sdm yogurt dan 2 sdm air mawar. Balurkan pada rambut dan gunakan sekali dalam seminggu.

5. Rambut halus

Untuk membuat rambut lebih halus, Anda bisa menghaluskan 1 buah pisang dengan tambahan 2 sdm madu. Campurkan pasta ini ke rambut diamkan setengah jam. Oleskan masker pisang ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan optimal.