Lokasiberita.com Jakarta – Anda yang akan memilih kembali ke kampung halaman, khususnya ke Jawa Tengah, pada dini hari ini harus memperhatikan kondisi ruas jalan di jalur Tol Dalam Kota Jakarta arah Cikampek. Kondisi ruas Tol Semanggi dilaporkan padat merayap.

“Padat arus mudik dari sekitar Km 7 di Semanggi hingga ke Cawang. Kemudian di Halim Km 2 merayap sampai Cikunir, Bekasi,” kata petugas Jasa Marga, Hary, saat dimintai konfirmasi, Rabu (13/6/2018).

Kondisi ini, menurut Hary, terjadi hingga Km 12 di kawasan Bekasi Timur Tol Jakarta-Cikampek.

“Sekitar Km 16 masih padat merayap hingga Km 19 rest area,” sebutnya.

Ketua Posko Mudik Lebaran Kemenhub, Junaidi, sebelumnya memprediksi puncak arus mudik tahap kedua akan terjadi pada H-2 Lebaran, Rabu, 13 Juni. Puncak arus mudik ini juga diprediksi menjadi dua tahap.

“Untuk tahun ini memang liburannya panjang, sehingga bisa terbagi-bagi. Puncaknya tadi kan ada di hari Sabtu dan hari Minggu, kemudian ini H-3 dan H-2 ini diprediksi akan menjadi peak season juga,” kata Junaidi kepada wartawan di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (12/6).

Pada H-2 Lebaran, Junaidi memprediksi kemacetan akan terjadi di Tol Cawang hingga Cikampek. Namun Kemenhub sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi kemacetan di jalan tol tersebut.