Siswa memasang pigura bergambar Wapres Jusuf Kalla di dalam kelas SMP Negeri 6 Palu, Sulawesi Tengah, Senin (8/10). Pascagempa dan tsunami Palu, siswa sekolah belum memulai aktivitas belajar mengajar.

LokasiBerita, Jakarta – Wali Kota Palu Hidayat menyatakan, aktivitas pelayanan publik mulai berjalan normal hari ini, Selasa (9/10/2018). Hidayat pun sudah memerintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak membolos.

“Kemarin sudah saya perintahkan semua kantor bersihkan dulu. Hari ini, mereka melayani masyarakat,” kata Hidayat saat dikonfirmasi, Selasa (9/10/2018).

Sebanyak 8 ribu PNS bekerja di lingkungan kantor Pemerintah Kota Palu. Itu termasuk guru dan tenaga kesehatan. Hidayat pun memastikan mereka telah siap melayani masyarakat.

Hidayat telah mengeluarkan instruksi agar mulai hari ini tidak ada  lagi kelonggaran atau dispensasi bagi ASN di Palu yang tidak masuk tanpa alasan.

Sanksi Tegas

Sanksi tegas disiapkan untuk ASN yang melanggar instruksi tersebut.

“Ini berapa hari kita tidak masuk kantor.Apabila ditemukan ASN yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas atau alasan tidak masuk akal, kita kenakan sangsi,” dia menegaskan.

“Kita kenakan sanksinya kedisiplinan,” ucap Hidayat.